Memanfaatkan Digital Marketing Untuk Bisnis Restaurant

Saat ini berbagai jenis bisnis terlihat ikut berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Hal tersebut sangat terlihat dari banyaknya bisnis yang berjalan dengan sistem daring atau online yang berbasis internet. Adanya internet yang semakin cepat dan canggih membuat setiap pebisnis memanfaatkan hal tersebut dengan baik, begitu juga pada sistem marketing yang digunakan pada setiap jenis usaha. Memanfaatkan adanya digital marketing merupakan salah satu langkah terbaik untuk mengimbangi kemajuan teknologi, begitu juga pada bisnis restaurant. Jika Anda merasa bingung, Anda bisa memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant dengan beberapa cara yang akan diulas pada artikel ini.

Memanfaatkan Digital Marketing Untuk Bisnis Restaurant
Cara yang digunakan untuk memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant sangat beragam, namun terdapat beberapa cara yang terbukti ampuh untuk digunakan. Tanpa berlama lagi, berikut cara memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant:

1. Update Menu
Memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant yang pertama adalah melakukan update menu pada setiap sosial media yang dimiliki oleh restaurant. Anda bisa melakukan update mengenai menu spesial yang dihidangkan pada hari tersebut. Pada setiap update menu tersebut pastikan untuk memberikan caption atau keterangan yang sangat menarik sehingga siapa saja yang melihat bisa tertarik untuk datang ke restaurant. Selain caption unik dan menarik, cantumkan pula harga menu tersebut agar pelanggan tidak ragu untuk makan di restaurant Anda.

2. Campaign Local
Campaign local merupakan aktivitas melakukan promosi di sekitar kawasan restaurant sekitar 1 hingga 3 km dari lokasi. Anda juga bisa menggunakan platform media sosial seperti Instagram dan Facebook. Untuk memaksimalkan usaha yang dilakukan, Anda bisa membuat banner yang memuat foto menu atau makanan terpopuler restaurant. Agar banner tampak menarik, Anda bisa menambahkan jargon andalan. Selain itu, pada banner juga harus diberi harga dan kontak agar banner menjadi lebih informatif.

3. Campaign Khusus
Cara memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant yang selanjutnya adalah membuat satu campaign yang berisi berbagai hal tentang restaurant Anda. Pastikan untuk membuat campaign yang menarik. Pada campaign tersebut, Anda juga bisa memberikan keterangan bahwa lokasi restaurant bisa dijangkau dengan mudah melalui maps. Selain itu bisa juga Anda mengarahkan pencarian melalui Gofood, Grabfood, atau sejenisnya untuk memudahkan pencarian dan pemesanan.

4. Menentukan Target Promosi
Menentukan target promosi merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dianggap sepele karena promosi yang dilakukan harus sesuai dengan target. Misalnya Anda memiliki target pegawai kantor, maka promosi yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan paket makan siang dengan harga tetap, bukan menawarkan paket catering atau pesta ulang tahun, atau yang lainnya. Berfokus pada makan siang pada pegawai kantor bisa memberi peluang yang sangat baik untuk Anda. Metode yang bisa diterapkan pada makan siang biasanya ditentukan dengan harga tetap tapi memiliki beberapa pilihan menu. Jika harga dan menu tersebut disetujui, Anda bisa bekerja sama dalam jangka waktu yang lama.

5. SEO Local
SEO Local merupakan salah satu ide yang sangat bagus untuk memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant karena Anda bisa fokus dan tepat sasaran. SEO local tersebut harus dibuat sesuai dengan keyword SEO local denggan frase seperti ‘Restaurant Surabaya’ atau sesuai dengan kota Anda agar tingkat pencarian bisa lebih berfokus pada wilayah Anda. Cara tersebut dinilai efektif bisa menargetkan pelanggan yang berada di sekitar Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan kata kunci yang natural namun tetap terlihat bagus oleh search engine dan pembaca.

Pada SEO local tersebut Anda bisa memberikan berbagai info tentang penawaran paket restaurant yang tersedia, seperti paket meeting, ulang tahun, catering, atau yang lainnya. Upaya ini bisa dimaksimalkan dengan Gmap dan sosial media. Setelah itu pastikan untuk mengambil data contoh untuk melakukan promosi dan penawaran melalui email. Gunakan email kantor atau official email untuk melakukan penawaran tersebut. Jangan menggunakan email sosial media karena hasilnya tidak akan efektif. Jika menggunakan sosial media, Anda bisa menggunakan teknik pixel dan teknik LAA ( lookalike audiences )

6. Mendata Pembeli
Pastikan untuk melakukan input data pembeli agar perkembangan usaha atau promosi yang dilakukan bisa jelas terlihat. Jika data yang masuk idealnya 50% hingga 70% pelanggan lama dan 20% hingga 30% pelanggan baru, maka bisa dipastikan jika hasil tersebut cukup memuaskan.

7. Tidak Melakukan Promo High Cost
Cara memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant yang berikutnya adalah tidak melakukan promo high cost. Untuk Anda yang belum tahu, beberapa contoh promosi high cost seperti install aplikasi gratis makan, gratis minuman, atau sejenisnya. Promosi dengan cara seperti itu kurang efektif karena aplikasi yang sudah diinstall bisa diuninstall pada saat itu juga. Namun jika memiliki biaya marketing yang cukup memadai, Anda bisa melakukan cara tersebut dengan beberapa syarat, misalnya memiliki jumlah teman atau followers minimal 2.000 dengan menandai atau mention akun restaurant Anda. Anda juga bisa menambahkan aturan kalimat khusus yang harus dicantumkan sehingga restaurant Anda semakin mudah dikenal.

Jika beberapa cara tersebut sudah Anda lakukan, pastikan untuk tidak membuat kesalahan saat melakukan promosi karena efeknya bisa sangat besar kepada bisnis Anda. Yang perlu Anda ingat dalam melakukan promosi terhadap bisnis restaurant Anda adalah adanya proses yang berbeda-beda pada setiap produk yang Anda tawarkan. Selain itu customer behaviour atau perilaku pelanggan juga bisa mudah berubah.

Oleh karena itu, Anda harus bisa merencanakan dengan matang tentang segala konsep promosi yang nantinya bisa memberikan efek besar terhadap bisnis. Perencanaan tersebut juga termasuk dalam menentukan biaya iklan atau marketing yang disediakan. Perlu diingat bahwa biaya untuk marketing dan promosi tidaklah sama karena keduanya merupakan proses yang berbeda.

Sebagai catatan, Anda sebagai pemilik usaha atau owner tidak perlu terjebak dengan masalah teknis seperti pada kegiatan internet marketing. Agar bisnis Anda berjalan lancar, Anda bisa menggunakan jasa pegawai yang sudah ahli dalam hal tersebut. Anda hanya perlu fokus pada produksi, planning, dan strategy. Jika Anda memaksa untuk ikut berkecimpung dalam internet marketing tersebut, bisa saja waktu Anda akan terbuang pada trial and error serta berbagai update yang harus selalu dilakukan. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan jasa ahli dan membayar sedikit lebih banyak daripada waktu Anda habis terbuang yang bisa membuat hal lain menjadi keteteran. Jika sudah keteteran, bisnis menjadi terganggu dan penghasilan bisa saja turun.

Bijak dalam mengambil keputusan dan berpikir dengan matang untuk setiap tahap bisnis yang dilakukan menjadi hal yang sangat penting. Itulah sedikit ulasan tentang memanfaatkan digital marketing untuk bisnis restaurant. Semoga bermanfaat.

candra haksono tata

Candra Haksono
Digital Marketer / GrowthHackers